Aneka Ragam Makalah
Jasa Review
Mainbitcoin

Cara Mempersingkat Kode Panjang ke Javascript


Melalui sharing dari maskolis.com saya menemukan artikel yang menarik untuk saya simpan karena ini sangat penting sekali yaitu cara mempersingkat kode-kode yang cukup banyak untuk meringankan loading blog kita yang di convert menjadi javascript. cara ini sangat mudah dan telah disertai dengan tampilan gambar sebagai panduannya. Lalu Bagaimana Cara mebuat kode yang begitu banyak dan menyingkatnya menjadi kode javascript? Berikut panduannya.

1. Lihat Kodenya atau siapkan kode yang mau disimpan
Mungkin Sobat sering melihat tampilan kode seperti di bawah ini


//<![CDATA[
var relatedTitles=new Array();var relatedTitlesNum=0;var relatedUrls=new Array();function related_results_labels(c){for(var b=0;b<c.feed.entry.length;b++){var d=c.feed.entry[b];relatedTitles[relatedTitlesNum]=d.title.$t;for(var a=0;a<d.link.length;a++){if(d.link[a].rel=="alternate"){relatedUrls[relatedTitlesNum]=d.link[a].href;relatedTitlesNum++;break}}}}function removeRelatedDuplicates(){var b=new Array(0);var c=new Array(0);for(var a=0;a<relatedUrls.length;a++){if(!contains(b,relatedUrls[a])){b.length+=1;b[b.length-1]=relatedUrls[a];c.length+=1;c[c.length-1]=relatedTitles[a]}}relatedTitles=c;relatedUrls=b}function contains(b,d){for(var c=0;c<b.length;c++){if(b[c]==d){return true}}return false}function printRelatedLabels(a){for(var b=0;b<relatedUrls.length;b++){if(relatedUrls[b]==a){relatedUrls.splice(b,1);relatedTitles.splice(b,1)}}var c=Math.floor((relatedTitles.length-1)*Math.random());var b=0;if(relatedTitles.length>1){document.write("<h2>"+relatedpoststitle+"</h2>")}document.write("<ul>");while(b<relatedTitles.length&&b<20&&b<maxresults){document.write('<li><a href="'+relatedUrls[c]+'">'+relatedTitles[c]+"</a></li>");if(c<relatedTitles.length-1){c++}else{c=0}b++}document.write("</ul>");relatedUrls.splice(0,relatedUrls.length);relatedTitles.splice(0,relatedTitles.length)};
//]]>


2. Buka Notepad
Perhatikan kode warna Merah diatas, buka notepad kemudian copy kode warna biru ke notepad. Setelah itu klik save as, pada File name beri nama file itu dengan diakhiri .js (misalnya : file.js). Dan pada Save as type pilih All files, Encoding biarkan pada ANSI, seperti pada gambar di bawah :


Perbesar Gambar Jika tidak Jelas

3. Simpan Ke Google Kode

Setelah proses penyimpanan file di komputer sekarang kita simpan di Google Code agar bisa dipasang pada template. Buka Google Code Anda, kalau belum pernah menggunakan Google Code sebelumnya, Anda harus membuatnya terlebih dahulu berikut caranya :
  1. Login ke akun Google anda, kemudian kunjungi http://code.google.com/hosting/

     Perbesar Gambar Jika tidak Jelas
  2. Setelah itu klik Create a new project seperti gambar diatas, setelah muncul jendela baru isi kotak kosong seperti contoh gambar di bawah.




    Yang perlu anda perhatikan adalah dalam mengisi Version control system dan source code lisence, Anda harus isi seperti contoh gambar diatas. Untuk kolom lain bisa diisi terserah anda. Setelah itu klik Create project.
  3. Anda sekarang sudah mempunyai akun di Google Code, langkah selanjutnya adalah menyimpan kode javascript yang sudah dibuat diatas di Google Code. Menuju ke tab 'Download' dan klik New download. Kemudian klik Browse dan pilih file javascript yang ingin diupload. Isi informasi yang berhubungan dengan file javascript tersebut kemudian klik Submit file.

    Perbesar Gambar Jika tidak Jelas

  4. File javascript anda sudah diupload ke Google code. Sekarang tinggal memanggilnya dan meletakkanya di template Anda. Klik file yang tadi sudah diupload, setelah itu akan terbuka jendela baru. Untuk mendapatkan direct link dari file yang anda upload. Klik kanan pada nama file tersebut kemudian pilih copy link location (firefox) atau salin alamat tautan (Chrome) seperti gambar dibawah.

    Perbesar Gambar Jika tidak Jelas

  5. Sekarang bagaimana menempatkan direct link tersebut ke dalam template? Perhatikan dua gambar di bawah ini :

    Sebelum disimpan di Google code


    Sesudah disimpan di Google code


    Perhatikan kode block biru pada kedua gambar diatas, gambar atas belum diringkas dan pada gambar bawah kode sudah diringkas dan disimpan di tempat penyimpanan Google Code menjadi seperti ini :
    <script src="http://ibrahimcreating.googlecode.com/files/ibrahim.js" type="text/javascript"/> 
    Kode script diatas adalah kode ringkasan dari contoh kode script panjang paling atas.  sedangkan kode warna merah adalah direct atau alamat link file yang kita upload di Google Code pada langkah nomer 4 diatas. Silahkan anda taruh kode warna merah ke browser dan search, maka yang akan tampil adalah kode panjang yang sudah anda simpan sebelumnya.

Ini contoh lengkap dari kesempurnaannya, dan anda bisa lihat sendiri dengan jelas.
<script src='http://ibrahimcreating.googlecode.com/files/ibrahim.js' type='text/javascript'/>
URL Javascript warna merah diatas yang harus diganti dengan URL script dari Google Code anda. Caranya copy URL tersebut ke browser Anda seperti gambar dibawah :


Kemudian tekan Enter pada keyboard. Jika muncul pilihan save, Anda tinggal save file tersebut kemudian upload ke Google Code Anda seperti langkah nomer 3 diatas. Tetapi jika setelah tekan enter muncul kode javascript yang berderet-deret banyak sekali deh pokoknya, copy kan kode itu ke notepad kemudian simpan seperti pada gambar paling atas pada artikel ini. Setelah itu upload ke Google Code seperti langkah-langkah diatas. Setelah itu masukkan atau ganti URL warna merah pada javascript diatas dengan URL atau direct link dari google code yang sudah Anda upload.


Itu tadi satu tips untuk mempercepat loading blog Anda dengan menyimpan file Javascript di Google Code Anda sendiri, silahkan dipahami dan semoga bermanfaat. Sumber ini saya dapatkan di Maskolis.com

Mau Makalah Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Aneka Ragam Makalah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis