Aneka Ragam Makalah
Jasa Review
Mainbitcoin

Makalah Analisis Fungsi Pendekatan Sistem


BAB I
PENDAHULUAN

Sistem adalah sekumpulan unsur atau elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan. Suatu sistem akan dirancang oleh satu orang atau sekelompok orang yang membentuk tim. Kegiatan ini disebut dengan analisis sistem. Tugas-tugas analisis sistem telah kita ketahui yakni mengumpulkan dan menganalisis formulir , dokumen, file yang berkaitan dengan sistem yang berjalan, menyusun dan menyajikan laporan perbaikan (rekomendasi) dari sistem yang berjalan kepada user, merancang suatu sistem perbaikan dan mengidentifikasi aplikasi-aplikasi untuk penerapannya pada computer, manganalisis dan menyusun biaya-biaya dan keuntungan dari sistem yang baru dan mengawasi semua kegiatan dalam penerapan sistem yang baru.

Seringkali, masalah pendidikan disajikan dalam istilah global dan istilah gabungan. Namun demikian, perencana pendidikan atau analisis selanjutnya, desain, implementasi dan evaluasi yang dilakukan. Spesifikasi yang disampaikan sebagai hasiul dari aktivitas yang direncanakan biasanya belum begitu jelas dan merupakan hasil awal atas apa yang dilakukan. Namun, sama dengan siswa lainnya, skill membaik dan setiap kali analisis sistem diterapkan untuk perencanaan pendidikan, maka semakin sedikitm waktu dan usaha yang diperlukan. Dengan praktek, skill yang diperlukan delam analisis sistem akan semkain mudah digunakan, dan hasil dari perencanaan pendidikan yang sah merupakan usaha yang berguna.


BAB II
PEMBAHASAN
A. Hakekat Analisis Fungsi
Pengertian fungsi sangat beragam. Dari sudut ilmu social fungsi merupakan karakteristik tertentu yang membedakan suatu tugas dengan tugas yang lain. Sehingga fungsi pekerjaan akan memberikan warna tersendiri terhadap persyaratan atau kriteria penyediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu kegiatan.

Fungsi dalam pengertian matematika adalah adanya keterkaitan antara unsur yang satu dengan unsur yang lain dan perubahan terhadap sustu unsur akan berpengaruh terhadap unsur yang lain. Fungsi juga merupakan suatu keumpulan dari berbagai pekerjaan atau tugas-tugas dalam mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai.

Analisis fungsi merupakan proses pemecahan sesuatu kedalam beberapa bagian komponen untuk diidentifikasi dan mengetahui kontribusi masing-masing komponen dalam mencapai suatu tujuan.(Kaufman, 1998). Dalam menyelenggarakan analisis fungsi perencanaannya tidak terlepas dari analisis kebutuhan dan analisis misi. Seseorang perencana harus memulai dan melakukan identifikasi tentang apa produk yang diinginkan dalam profil misi, apa yang harus diselesaikan dalam profil tersebut untuk mencapai keberhasilan tujuan yang diinginkan.

B. Proses Analisis Fungsi
Adapun proses dari analisis fungsi yaitu:
  • Menganalisa apa yang harus dilakukan
  • Memberikan susunan tugas yang logis dengan maksud untuk mencapai misi objektif dengan cara menganalisa, mengidentifikasi dan menyusun
Analisis fungsi adalah ekspansi vertical dari analisis misi, setiap elemen dalam profil misi terdiri dari fungsi. Tugas dari analisis fungsi adalah mengidentifikasi (fungsi yang ada pada misi profil) semua subfungsi dan interelansinya.

Analisis fungsi bergerak dari hasil analisis kepernyataan tepat yang menyebutkan fungsi yang harus dilakukan untuk memecahkan masalah. Dalam pelaksanaannya analisis fungsi dapat diidentifikasi:

1. Apa yang harus dikerjakan?
2. Dalam urutan apakah kita melaksanakannya?
3. Terdiri dari komponen manakah setiap higer level function?
4. Apakah ada hubungan antara fungsi yang satu dengan fungsi yang lain?

Pada waktu pertama melaksanakan analisa fungsi kemungkinan besar yang pertama kita lakukan adalah membuat daftar alat (means) atau cara untuk melakukan fungsi. Perlua ditekankan bahwa yang harus dibuat adalah daftar produk akhir atau hasil.

Salah satu hasil kritis dalam pelaksanaan pada umumnya dan analisis fungsi pada khususnya ialah bahwa kita membahas diri dari kekeliruan-kekeliruan pada masa yang lalu dan memperoleh cara-cara baru dan lebih baik untuk melaksanakan sesuatu.

Untuk lebih memahami analisis fungsi ini, sebagai contoh dalam kegiatan pembelajaran disekolah setelah sasaran ditentukan, proses analisis fungsi dilakukan setelah identifikasi fungsi-fungsi yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut. Langkah ini harus dilakukan sebagai persiapan dalam melakukan analisis fungsi. Fungsi-fungsi yang dimaksud misalnya untuk meningkatkan nilai rata-rata kelulusan siswa adalah fungsi proses belajar mengajar dan pendukung PMB seperti ketenagaan, siswa, kurikulum, sarana-prasarana serta hubungan sekolah dan masyaratat dan lain-lain. Penentuan fungsi-fungsi ini dilakukan dalam profil misi.

Setalah fungsi-fungsi yang diperlukan sudah diidentifikasi maka langkah-langkah berikutnya dalah melakukan analisis fungsi. Menentukan tingkat kesiapan masing-masing fungsi beserta factor-faktornya. Dalam melakukan analisis terhadap fungsi beserta factor-faktornya berlaku ketentuan bahwa untuk tingkat kesiapan yang memadai sasaran dinyatakan sebagai kekuatan factor internal atau peluang bagi factor intenal. Sedangkan, tingkat kesiapan yang kurang memadai artinya tidak memenuhi kriteria kesipan minimal, dinyatakan sebagai kelemahan bagai faktor internal atau ancaman bagi faktor eksternal.

Kelemahan atau ancaman yang dinyatakan pada faktor internal dan eksternal yang memiliki tingkat kesiapan kurang memadai disebut masalah. Selama masih ada fungsi yang tidak siap atau masih ada masalah, maka sasaran yang telah ditetapkan diduga tidak akan tercapai, perlu dilakukan tindakan untuk mengubah fungsi yang tidak siap menjadi siap. Tindakan-tindakan yang dimaksud disebut langkah-langkah pemecahan masalah, yang pada hakekatnya merupakan tindakan mengatasi kelemahan atau ancaman agar menjadi kekuatan atau peluang.


DAFTAR PUSTAKA
  • Kaufman, Roger. 1998. Planning Education System. Tecnomic Publising Company Inc Florida
  • Sondang, P. 2003. Manajemen Stratejik. Bumi Aksara. Jakarta.
  • Soenaryo, Endang. 2000. Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem. Adicita Karya Nusa, Yogyakarta.

Mau Makalah Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Aneka Ragam Makalah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis