Aneka Ragam Makalah
Jasa Review

Status Pendidikan Islam Nonformal



Makalah ini akan membahas khusus tentang Pendidikan Islam non formal yang berupa majlis ta’lim, Remaja Mesjid dan pesantren kilat, baik dilihat dari segi perkembangannya di Indonesia maupun ditinjau dari segi pengaruhnya bagi pendidikan Islam di Indonesia.

Persoalan pendidikan muncul seiring dengan adanya manusia itu sendiri di atas dunia, oleh karena manusia itu merupakan homo educandum yang artinya bahwa manusia itu pada hakekatnya merupakan makhluk yang di samping dapat dan harus didik, juga dapat dan harus mendidik. Dengan demikian, pernyataan ini memperluas arti pendidikan sebenarnya yang selama in orientasi manusia terhadap dunia pendidikan adalah dunia sekolah.

Kondisi tersebut diatas, saat ini telah banyak ditinggalkan orang-orang dan kerena beranggapan bahwa belajar di dunia sekolah bukan satu-satunya faktor yang menentukan corak kehidupan seseorang. Dengan lingkungan fisik, sosial, maupun budaya yang selalu berubah, mengharuskan orang untuk terus menerus belajar agar tidak ketinggalan zaman.

Dalam konteks keindonesiaan, dikenal juga pendidikan seperti yang dimakud di atas yakni sebutan pendidikan luar sekolah. Bahkan secara yuridis formal, pendidikan luar sekolah ini diatur dalam Undang-Undang RI tentang sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan luar sekolah secara umum dapat dibagi menjadi pendidikan Informal dan non formal, sedangkan pendidikan sekolah lebih dikenal dengan pendidikan formal. unduh tampilan lengkap



Mau Makalah Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Aneka Ragam Makalah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis