Aneka Ragam Makalah
Jasa Review
Mainbitcoin

Sekte-sekte dalam Kelompok Khawarij


Dalam tubuh Khawarij, ditemukan beberapa sekte. Harun nasution menyebut ada enam sekte masyhur dikalangan khawarij yaitu al-Muhakkimah, al-Zariyah, al-Najdah, al-jaridah, as Sufriyah, dan al-Ibadiyah. Sekte tersebut juga memiliki spesifikasi perinsip seperti terlihat berikut ini.

al-Muhakkimah

Pada awalnya adalah pengikut setia Ali bin Abi Thalib, Namun balik mengkafirkannya, serta orang-rang yang terlibat dalam tahkim, Zina, membunuh Islam tanpa sebab, beserta dengan dosa-dosa lainnya dihukumkan kafir.

al-Zariqah

Golongan ini dikenal sangat ekstrim, tidak menggunakan term kafir pada pelaku dosa besar, tapi menggunakan trem musyrik. Halal membunuh golongan selainnya termasuk wanita dan perempuan. Dilarang shalat dimesjid bila yang mengumandangkan azan bukan golongannya, tidak membolehkan kawin mawin di luar kelompoknya, sembelihan yang bukan golongannya diharamkan, dilarang saling mewarisi, jihad adalah fardhu ‘ain.

al-Najdah

Orang yang berdosa besar mendapat siksa tetapi bukan di neraka, wajib mengetahui Allah dan apa-apa yang diwahyukan, tidak berdosa bila melakukan sesuatu tanpa diketahui, iman diperlukan bila kemaslahatan menghendakinya

al-Jaridah

Sekte ini lebih lunak tidak mewajibkan hijrah tetapi hanya sebatas kebajikan, pengikutnya boleh tinggal di luar kawasannya. Tidak mengakui Surah Yusuf karena mengandung cerita cinta. Golongan ini memiliki subsekte al Maimumah menganut Qadariyah.

al-Sufriyah

Membagi dua dosa besar yaitu dosa yang ada hukumannya di dunia dan di akhirat. Pelaku dosa pertama tidak dihukumkan kafir sementara pelaku dosa kedua dihukumkan kafir.

al-Ibadiyah

Sekte ini cukup moderat, dapat melakukan kawin mawin serta mewarisi antara muslim yang lain, membunuh umat Islam tidak dihukumkan haram, kafir terbagi dua yaitu kafir ni’mah dan kafir millah.

Kepustakaan:
  • Harun Nasution, Islam Rasional Gagasan dan Pemikiran (Cet V; Bandung : Mizan, 1998).
  • Ahmad Amin, Fajr al Islam (Cairo, Maktabah al Nahdah al Misriyah, 1965).
  • Ahmad Amin Fajr al Islam (Kairo : Maktabah al Nahdah al Misriyah ,1965). Al-Juwaeni, Kitab al Irsyad Ila Qawati al Adillah Fi Usul al jtihadi (Kairto : Maktabah Al Kaniji 1950).
  • Ridwan Kafrawi, et al., Ensiklopedia Islam, (jilid III, Jakarta, PT Ichtiar baru Van Hoeven,1993).

Mau Makalah Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Aneka Ragam Makalah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis