Aneka Ragam Makalah
Jasa Review
Mainbitcoin

Pedoman Penelitian Fakultas Kedokteran


Pedoman Penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret

Oleh : Tim KPPMF Kedokteran UNS

BAB I
PENDAHULUAN

Pengelolaan dalam buku pedoman ini dimaksudkan sebagai dukungan kegiatan penyelenggaraan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan administrasi dimana biayanya bersumber dari DIPA BLU Fakultas Kedokteran tahun anggaran 2010. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Koordinator Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas (KPPMF). KPPMF kedokteran adalah unsur pelaksana yang dibentuk oleh rektor atas permohonan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) berdasarkan usul dekan untuk mengkoordinasikan dan mengembangkan penelitian dan pengabdian di lingkungan fakultas kedokteran.


A. Tahap persiapan / pengusulan

Untuk mendapatkan pembiayaan DIPA BLU FK UNS pengusul / dosen mengajukan proposal kepada KPPMF sesuai dengan tata aturan umum yang berlaku, yaitu :

a. kegiatan penelitian yang sama tidak boleh didanai oleh dua sumber yang sama
b. kegiatan penelitian harus melibatkan mahasiswa pada proses pelaksanaan
c. seorang dosen dalam tahun yang sama hanya diperbolehkan menjadi ketua dari satu kegiatan. Apabila tidak menjadi ketua hanya diperbolehkan menjadi anggota dari dua kegiatan penelitian yang berbeda.
d. Seorang dosen berhak mengajukan satu proposal penelitian dan satu proposal pengabdian kepada masyarakat. Apabila kedua proposal tersebut diterima, pengusul berhak memilih salah satu diantara dua proposal yang akan didanai.
e. yang berhak ketua penelitian adalah dosen tetap di fakultas kedokteran. Bagi dosen yang sedang mengambil studi lanjut dengan biaya dari negara tidak berhak untuk mengajukan proposal penelitian. Yang berhak mengajukan proposal penelitian dengan dana penelitian ≤ Rp 25.000.000 adalah dosen dengan jabatan fungsional asisten ahli dan lektor. Sedangkan dosen dengan jabatan fungsional lektor kepala berhak mengajukan proposal dengan dana penelitian ≥ Rp 25.000.000. Dana maksimal dalam proposal penelitian adalah Rp 50.000.000.

f. proposal penelitian dikirim sebanyak dua eksemplar kepada tim KPPMF sesuai tata aturan yang berlaku

g. proposal yang diterima pertama – tama akan dievaluasi dari segi administrasi dan proposal yang lolos diteruskan kepada tim penilai. KPPMF membentuk tim penilai yang terdiri atas anggota yang memiliki keahlian dalam bidang ilmunya atau metode penelitian. Kualifikasi jabatan fungsional anggota tim penilai adalah paling rendah lektor kepala atau lektor yang berpendidikan S2 / Sp 1, atau yang berpendidikan S3 dan merupakan peneliti senior.Peneliti senior adalah dosen sebagai peneliti yang pernah memenangkan hibah penelitian dan mempunyai produk nyata dari penelitiannya (makalah dalam jurnal terakreditasi atau jurnal internasional, buku ajar, teknologi tepat guna atau paten) .Tim penilai bertugas mengevaluasi proposal dan memberikan rekomendasi kepada KPPMF.

h. Validasi proposal penelitian akan dilakukan pada proposal yang lolos seleksi administrasi. Ketua kegiatan ini wajib mempresentasikan proposal tersebut. Ketua kegiatan tersebut apabila berhalangan hadir wajib membuat surat pernyataan dan mewakilkan kepada anggota untuk mempresentasikan proposal tersebut. Anggota yang mempresentasikan proposal diangkat sebagai ketua kegiatan penelitian.

i. Berdasarkan rekomensi tim penilai dan pertimbangan lain, KPPMF menetapkan judul penelitian yang akan dibiayai oleh fakultas kedokteran.

j. Pengusul yang proposalnya lolos seleksi wajib menyerahkan proposal yang sudah direvisi sebanyak sembilan buah kepada KPPMF. Proposal yang lolos seleksi harus disahkan secara tertulis oleh ketua KPPMF dan Pembantu Dekan I sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya.

B. Pelaksanaan Program

Setelah diputuskan berdasarkan keputuan rapat KPPMF tentang judul program yang dinyatakan dibiayai, langkah – langkah pelaksanaannya adalah :

a. pembuatan surat perjanjian pelaksanaan kegiatan yang berkekuatan hukum dan mengikat pihak pertama yaitu dekan Fakultas Kedokteran dengan pihak kedua yaitu pengusul

b. surat perjanjian pelaksanaan dibuat rangkap dua dilengkapi dengan kuitansi dan materai

c. Dana dicairkan dalam dua tahap : tahap I sebesar 70% dan tahap II sebesar 30%. Dana tahap I akan dicairkan setelah pengusul mengumpulkan proposal kegiatan dan surat perjanjian pelaksanaan kegiatan ditanda tangani dan dana tahap II diserahkan setelah laporan akhir diterima.

d. Kegiatan yang telah diputuskan untuk dibiayai dilaksanakan oleh tim yang bersangkutan dibawah pimpinan seorang ketua

e. Kegiatan harus dilaksanakan sesuai dengan surat perjanjian pelaksanaan. Perubahan dalam pelaksanaannya harus mendapat persetujuan ketua KPPMF terlebih dahulu

f. Tim penilai wajib memantau pelaksanaan program. Tujuan pemantauan adalah mengikuti kemajuan pelaksanaan kegiatan, mengetahui hambatan yang dihadapi, dan bila diperlukan memberi saran untuk mengatasi hambatan tersebut.

g. Untuk mendiseminasikan hasil dan meningkatkan mutu, ketua pelaksana kegiatan penelitian diwajibkan menyampaikan hasil kegiatan dalam seminar hasil. Pada waktu seminar, komentar, saran maupun kritik dari tim penilai dan peserta diharapkan dapat melengkapi laporan akhir maupun artikel ilmiah yang disusun kemudian.

h. Pada akhir pelaksanaan kegiatan, ketua pelaksana menyerahkan laporan kegiatan kepada KPPMF pada waktu yang ditentukan sesuai dalam surat perjanjian pelaksanaan. Laporan kegiatan dibuat rangkap 9 dan harus memenuhi syarat mutu, kelengkapan format dan cara penulisan format yang telah ditentukan. Pada akhir kegiatan ketua pelaksana wajib menyerahkan CD yang berisi abstrak hasil penelitian.


C. Tindak Lanjut

Pada dasarnya semua hasil penelitian diharapkan dapat menghasilkan karya kekayaan intelektual baik berupa paten, artikel ilmiah, teknologi tepat guna atau buku ajar serta laporan hasil yang bersifat administrasi. Peneliti wajib mempublikasikan hasil penelitiannya.


Jadwal kegiatan penelitian dan pengadian ada masyarakat TA 2010

No Jenis kegiatan Waktu pelaksanaan

1 Sosialisasi pedoman penelitian dan pengabdian pada masyarakat Minggu III Maret 2010
2 Pengumpulan proposal penelitian dan pengabdian pada masyarakat Minggu III April 2010
3 Desk evaluasi Minggu IV April 2010
4 Validasi proposal penelitian dan pengabdian pada masyarakat Minggu I – II Mei 2010
5 Pengumuman proposal penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang lolos seleksi Minggu III Mei 2010

6 Pencairan dana penelitian dan pengabdian pada masyarakat tahap I Minggu IV Mei 2010
7 Monev Minggu I September 2010
8 Pengumpulan laporan penelitian dan pengabdian pada masyarakat (administrasi) Minggu II November 2010

9 Presentasi hasil penelitian dan pada masyarakat. Minggu III – IV Nov 2010
10. Pengumpulan laporan penelitian dan pengabdian pada masyarakat (untuk perpustakaan FK.UNS dan arsip KPPMF) CD yang berisi abstrak,artikel ilmiah. Minggu III Desember 2010

11 Pencairan dana penelitian dan pengabdian tahap II Minggu IV Desember 2010


Catatan :

1. Proposal penelitian dan pengabdian pada masyarakat dikumpulkan paling lambat tanggal 24 April 2010 di bag.pendidikan (fitri). Pengusul mengumpulkan 2 buah proposal penelitian dan untuk proposal pengabdian pada masyarakat sebanyak 1 buah.

2. Untuk teman sejawat yang pernah mendapatkan dana penelitian DIPA TA 2008 dan 2009 untuk dapat mengajukan dana penelitian DIPA BLU TA 2010 harus menyerahkan artikel ilmiah pada waktu mengumpulkan proposal penelitian.

BAB II
TATA TULIS

A. Bahasa

Dalam menulis proposal dan laporan penelitian harus menggunakan bahasa Indonesia mengikuti pedoman umum ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan (EYD). Penggunaan istilah asing masih dimugkinkan sepanjang belum ada padanan kata yang sesuai dengan cara memberi garis bawah atau di cetak miring.

B. Format

1. Proposal dan laporan penelitian diketik pada kertas HVS putih berukuran kuarto.
2. Tabel – tabel, grafik – grafik dan gambar – gambar (jika ada) sedapat mungkin disajikan pada halaman yang sama

C. Penyajian naskah

1. Pengetikan

a. Proposal dan laporan penelitian diketik dengan jarak 1,5 spasi
b. Huruf yang digunakan tipe pica (ukuran 12 point) atau ekuivalen dengan tipe itu.

2. Jarak tepi

a. Jarak tepi pengetikan terletak pada 4 cm dari tepi kiri, 4 cm dari tepi atas, 3 cm dari tepi kanan dan 3 cm dari tepi bawah.
b. Naskah diketik rata kiri dan kanan.

3. Nomor halaman

a. Halaman – halaman pada bagian awal proposal dan laporan penelitian diberi nomor urut diberi nomor urut dengan angka romawi kecil dan diletakkan ditengah bawah.
b. Halaman – halaman utama (mulai dari Bab I) pada proposal dan laporan penelitian diberi nomor urut dengan angka Arab
c. Nomor urut halaman utama diletakkan di tepi kanan atas.
d. Nomor urut halaman utama pada judul bab diletakkan di tengah bawah.


3.Tabel dan gambar

a. Tabel – tabel dan gambar – gambar diberi nomor urut dari mulai hingga akhir dengan angka Arab.
b. Judul tabel diletakkan ditengah atas
c. Nama gambar dan bagan diletakkan di tengah bawah
d. Sumber tabel, gambar dan bagan (jika ada) diletakkan di tepi kiri bawah.



4.Pengetikan Judul Bab, Subbab dan Anak Subbab

a. Judul bab diketik dengan huruf kapital semua pada halaman baru dengan jarak seimbang dari tepi kiri dan kanan (ditengah – tengah).

b. Judul subbab diketik dengan huruf – huruf pertama ditulis dengan huruf kapital dan diletakkan dengan jarak seimbang dari tepi kiri dan kanan (ditengah – tengah).

c. Judul anak subbab diketik dengan huruf – huruf pertama ditulis dengan huruf kapital dan diketik dari tepi kiri.


D. Penulisan daftar pustaka

Dalam proposal dan laporan penelitian digunakan cara penulisan daftar pustaka dengan nama dan tahun.


BAB III
RENCANA PENELITIAN

Sistematika penulisan proposal penelitian

Sistematika penulisan proposal mengikuti alur penulisan sebagai berikut:

1. Halaman judul

Halaman judul memuat secara urut dari atas ke bawah :

a. Tulisan Rencana Penelitian, ditulis dengan huruf pertama kapital
b. Judul penelitian, ditulis dengan huruf kapital
c. Lambang Universitas Sebelas Maret (yang resmi) dengan ukuran diameter 5 cm
d. Nama pelaksana beserta NIP
e. Sumber dana
f. Fakultas
g. Tahun rencana penelitian diajukan


2. Halaman pengesahan

Halaman pengesahan memuat secara urut dari atas ke bawah :

a. Judul , yang diketik dengan huruf kapital
b. Nama ketua pelaksana beserta NIP, pangkat / golongan, Fakultas dan bidang keahlian
c. Bidang ilmu peneliti / ketua peneliti
d. Anggota pelaksana beserta NIP
e. Jangka waktu kegiatan
f. Biaya yang diperlukan
g. Tanggal, bulan dan tahun yang sesuai dengan tanggal, bulan dan tahun ketika rencana penelitian itu diajukan
h. Tanda tangan pengusul
i. Persetujuan ketua KPPMF. Persetujuan ini diketik disamping kiri nama pengusul
j. Pengesahan dari pembantu dekan I


Sistematika

Penulisan proposal mengikuti alur penulisan sebagai berikut. Halaman Pengesahan (lihat halaman pengesahan)

Abstrak :

menguraikan secara ringkas isi proposal penelitian. Abstrak diketik 1 spasi, maksimal 200 kata.

BAB I : PENDAHULUAN memuat tentang :

- Latar Belakang Masalah
- Rumusan Masalah
- Tujuan dan Manfaat Penelitian

Dibuat seruntut mungkin agar dapat dengan jelas mengantar ke pokok permasalahan

BAB II : LANDASAN TEORI memuat tentang :

- Tinjauan Pustaka (masukkan teori-teori yang jelas-jelas berhubungan dengan topik penelitian saja)
- Kerangka Pemikiran ( merupakan rangkuman dari tinjauan pustaka)
- Hipotesis (tuliskan hipotesis teoritis bukan hipotesis statistik)

BAB III : METODE PENELITIAN memuat tentang :

- Populasi dan subjek penelitian
- Teknik sampling dan perhitungan jumlah sampel
- Rancangan / desain penelitian
- Instrumen Penelitian
- Bahan dan Cara Penelitian
- Definisi Operasional Variabel

- Teknik analisis data (statistik / non statistik). Bila menggunakan uji statistik sebutkan teknik uji statistik yang akan digunakan dan alasan mengapa digunakan teknik uji statistik tersebut.

- Jadwal Pelaksanaan

Buatlah jadwal kegiatan penelitian yang meliputi kegiatan persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan penelitian dalam bentuk bar-chart. Jadwal pelaksanaan mengacu pada metode penelitian.

- Personalia Penelitian

Personalia yang terlibat dalam penelitian adalah mereka yang sesuai dengan bidangnya dan benar - benar dapat menyediakan waktu (diperhitungkan dengan beban tugas lain) untuk kegiatan penelitian ini, yang pada umumnya terdiri dari :


Untuk Lebih Lengkapnya dapat di Download dalam format DOC di sini

Maaf Tidak Ada REFERENSI

Mau Makalah Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Aneka Ragam Makalah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis