Aneka Ragam Makalah
Jasa Review
Mainbitcoin

Proposal PTK | Upaya Meningkatkan Disiplin Mengerjakan


PROPOSAL

UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN MENGERJAKAN PR MELALUI PEMBERIAN BUKU PR PADA SISWA SDN ............... DESA ...................................

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

pendidikan adalah proses yang mana seseorang diajarkan untuk bersikap taat dan juga pikirannya dibina dan dikembangkan. Pendidikan bagi bangsa yang sedang berkembang seperti bangsaIndonesiasaat ini merupakan kebutuhan mutlak yang harus dikembangkan sejalan dengan tuntunan pembangunan secara tahap demi tahap.

Berhasil tidaknya proses belajar mengajar (pendidikan) tergantung dari faktor-faktor dan kondisi yang mempengaruhi proses belajar mengajar. Faktor dan kondisi yang mempengaruhi proses belajar sesungguhnya banyak sekali macamnya, baik ada pada diri siswa sebagai pelajar, pada guru sebagai pengajar, metode mengajar, bahan materi pelajaran harus diterima siswa, maupun sarana dan prasarana.

Disiplin merupakan upaya untuk membuat orang berada pada jalur sikap dan perilaku yang sudah ditetapkan pada individu oleh orang tua. Pendidikan disiplin merupakan suatu proses bimbingan yang bertujuan untuk menanamkan pola perilaku tertentu, kebiasaan-kebiasaan tertentu, atau membentuk manusia dengan ciri-ciri tertentu, terutama untuk meningkatkan kualitas mental dan moral.

Sikap disiplin dalam belajar sangat diperlukan, terutama disiplin dalam mengerjakan PR. Mengerjakan PR mengasah ketrampilan dan daya ingat siswa terhadap materi yang telah diberikan, karena siswa mengerjakan PR menurut kesadarannya sendiri serta siswa akan selalu termotivasi untuk selalu mengerjakan PR. Sehingga pada akhirnya siswa akan lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal dari materi yang diberikan.

Mengerjakan PR dengan disiplin yang terarah dapat menghindarkan diri dari rasa malas dan menimbulkan kegairahan siswa dalam belajar, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan daya kemampuan belajar siswa. Namun pada kenyataanya siswa masih cenderung kurang disiplin dalam mengerjakan PR. Mereka lebih suka menghabiskan waktu di rumahnya untuk bermain. Dengan permainan yang semakin beragam, membuat mereka lupa akan tugas rumah yang diberikan.

Serupa dengan keadaan yang ditemui di SDN Balerejo 02, terlihat para siswa masih banyak yang tidak mengerjakan PR. Hal tersebut terlihat saat guru sering menghukum para siswa yang tidak mengerjakan PR. Ini menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa masih rendah dalam mengerjakan PR.

Buku PR merupakan buku yang ditujukan untuk menanamkan sikap tanggung jawab siswa dalam melaksanakan tugas yang telah diberikan. Buku ini mengubah kebiasaan siswa yang kurang disiplin dalam mengerjakan PR. Buku PR juga memotivasi siswa untuk selalu rajin belajar dan tidak lupa akan tugas rumah yang mereka terima.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang, masalah yang dapat dirumuskan adalah: Bagaimanakah buku PR dapat meningkatkan disiplin mengerjakan PR Siswa SDN 013862 Punggulan?

C. Tujuan Penelitian

Sesuai dengan masalah yang dirumuskan, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan buku PR dapat meningkatkan disiplin mengerjakan PR Siswa SDN 013862 Punggulan

D. Hipotesis

Berdasarkan rumusan dan tujuan penelitian yang telah dirumuskan, hipotesis tindakan penelitian ini adalah Dengan adanya buku pr, yang diterapkan di SDN 013862 Punggulan, maka disiplin mengerjakan PR siswa akan meningkat.


Silahkan Unduh dengan Lengkap. Silahkan DOWNLOAD

Mau Makalah Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Aneka Ragam Makalah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis