Aneka Ragam Makalah
Jasa Review
Mainbitcoin

Pengertian Ontologis dalam Filsafat Pendidikan Islam


Makalah Pengertian Ontologis dalam Filsafat Pendidikan Islam
Oleh: Ibrahim Lubis, M.Pd.I

BAB I
PENDAHULUAN

Dalam perspektif ontologis kedudukan ilmu pengetahuan dalam filsafat pendidikan islam adalah sebagai hasil dari olah jiwa, indera, dan daya penalaran manusia yang dapat dijadikan sebagai salah satu sumber kebenaran ilmiah. Dan di dalam Alquran juga disebutkan bahwa kedudukan orang yang berilmu lebih tinggi dari pada orang yang tidak berilmu. Jadi di dalam islam, sangat ditekankan dalam mencari ilmu pengetahuan, yaitu melalui pendidikan, baik secara formal, informal dan nonformal. Karna dengan adanya ilmu, dapat membedakan mana yang baik dan buruk, serta membedakan derajat manusia sebagai khalifah di muka bumi ini.

BAB II
PEMBAHASAN
Makalah Pengertian Ontologis dalam Filsafat Pendidikan Islam

Ontologi dalam bahasa inggris “ontology”; berasal dari bahasa Yunani, yaitu ontos (ada, keberadaan) dan logos (studi, ilmu tentang). Dari pengertian tersebut bisa disimpulkan bahwa ontologi mengandung pengertian “pengetahuan tentang yang ada”. Ontologi menyangkut teori tentang ada ( being ), sebagai objek sains. Di dalam ontologi, diupayakan penjelasan mengenai sifat-sifat objek dan hubungannya dengan subjek. Dimana ada beberapa pertanyaan pokok yang diajukan untuk memahami ontologi, yaitu :

a. Objek apa yang ditelaah
b. Bagaimana bentuk yang hakiki dari sebuah objek
c. Bagaimana hubungan antara objek dengan daya tangkap manusia (berfikir, merasa, dan mengindera ) yang nantinya membuahkan pengetahuan.[1]

Ontologi merupakan salah satu objek garapan filsafat ilmu tentang hakikat realitas yang ada, baik berupa wujud fisik maupun metafisik.[2] Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian ontologi dalam filsafat pendidikan islam adalah menjelaskan apa hakikat dan sumber dan seluk beluk dari pendidikan islam yang bersumber dari Alquran dan Hadist. Yang mana di dalamnya mencakup:

1. hakikat para pendidik dan peserta didik,
2. hakikat materi pendidikan,
3. hakikat metode penyampaian,
4. hakikat tujuan pendidikan
5. hakikat system pendidikan, dll.[3]

BAB III
PENUTUP

Dari pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa pengertian ontologi dalam filsafat pendidikan islam adalah hakikat dari pendidikan Islam itu sendiri, baik dari segi substansinya ataupun dari segi pola organisasinya. Hakikat dari pendidik, dimana yang dibahas adalah apa itu pendidik, apa itu peserta didik, apa itu materi pembelajarannya yang sesuai dengan ajaran Islam, yaitu Alquran dan Hadist.

DAFTAR PUSTAKA
  • Syafaruddin, Filsafat Ilmu ( Bandung : Cita Pustaka media Perintis, 2008 )
  • Hadi Masruri dan Imran Rossidi, Filsafat Sains dalam Alquran ( Malang : UIN Malang Press, 2007 )
  • Hasan Basri, Filsafat pendidikan Islam ( Bandung : Pustaka setia, 2009 )
__________________________
[1] Syafaruddin, Filsafat Ilmu ( Bandung : Cita Pustaka media Perintis, 2008 ) h. 59
[2] Hadi Masruri dan Imran Rossidi, Filsafat Sains dalam Alquran ( Malang : UIN Malang Press, 2007 ) h.89
[3] Hasan Basri, Filsafat pendidikan Islam ( Bandung : Pustaka setia, 2009 ) h. 15 - 18

Mau Makalah Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Aneka Ragam Makalah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis