Aneka Ragam Makalah
Jasa Review
Mainbitcoin

Makalah Ilmu Pengetahuan dan Kedudukannya


BAB I
PENDAHULUAN
Makalah Ilmu Pengetahuan dan Kedudukannya

kedudukan ilmu pengetahuan dalam filsafat pendidikan islam adalah sebagai hasil dari olah jiwa, indera, dan daya penalaran manusia yang dapat dijadikan sebagai salah satu sumber kebenaran ilmiah. Dan di dalam Alquran juga disebutkan bahwa kedudukan orang yang berilmu lebih tinggi dari pada orang yang tidak berilmu. Jadi di dalam islam, sangat ditekankan dalam mencari ilmu pengetahuan, yaitu melalui pendidikan, baik secara formal, informal dan nonformal. Karna dengan adanya ilmu, dapat membedakan mana yang baik dan buruk, serta membedakan derajat manusia sebagai khalifah d muka bumi ini.

BAB II
PEMBAHASAN
Makalah Ilmu Pengetahuan dan Kedudukannya

A. Pengertian Ilmu Pengetahuan
Kata ilmu berasal dari bahasa arab yaitu al-‘ilmu yang artinya pengetahuan. Secara ontologis, antara ilmu dan pengetahuan sangat berbeda, baik dari segi makna dan substansinya. Ilmu adalah akumulasi pengetahuan yang dapat berasal dari ide, pengalaman, observasi, intuisi dan yang bersal dari wahyu dalam suatu pelejaran agama. Adapun pengetahuan adalah sesuatu yang diketahui oleh seseorang melalui berbagai cara, misalnya dengan melihat, mendegar, merasakan, mengalami, membaca, dan lain-lain. Jadi ilmu pengetahuan adalah akumulasi dari berbagai pengetahuan yang telah disistematikan, disusun rapi dan ditata menurut metode dan sitematika tertentu.

B. Kedudukan ILmu Pengetahuan
Dalam al quran kata ilmu disebutkan sebanyak 80 kali. Pengulangan kata ilmu menunjukan betapa pentingnya ilmu dalam islam. Dalam al quran, untuk menyebutkan ilmu pengetahuan lebih sering digunakan kata al-‘ilmu, karena kata tersebut memiliki karakter yang lebih khusus. Sebab dalam penggunannya kata tersebut diatribusikan kepada Allah. Berdasarkan makna semantic diatas, dapat dipahami bahwa dalam islam Allah adalah sumber segala ilmu pengetahuan dan karennya semua ilmu pengetahuan yang diketahui dan dimiliki manusia datangnya dari Allah yang diperoleh oleh jiwa-jiwa yang aktif dan kreatif. Sebab tanpa jiwa yang aktif, ilmu tidak akan dapat diraih. Ilmu pengetahuan adalah kebutuhan manusia. Ilmu adalah bekal yang diperlukan untuk mempertahanan dan meningkatkan derajat manusia sebagai khalifah. Yang mana ilmu pengetahuan dibutuhkan untuk menjangkau kehidupan duniawi dan ukhrawi manusia. Ilmu digapai manusia untuk mendapatkan kebenaran.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kedudukan ilmu pengetahuan dalam filsafat pendidikan islam sebagai alat untuk mendapatkan kebenaran, yaitu Allah. dimana ilmu pengetahuan merupakan hasil dari olah jiwa, olah pikir, olah indera, serta daya penenalaran manusia yang dapat dijadikan sebagai sumber kebenaran. Sehingga dapat membedakan antara yang baik dengan yang buruk. Dimana derajat kehidupan manusia akan sangat ditentukan oleh ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Tanpa ilmu, derajatnya akan rendah. Akan tetapi, ilmu pengetahuan yang dimiliki manusia wajib dilindungi oleh keimanan. Dengan demikian ilmu dan iman adalah kajian mendasar dari fisafat pendidikan islam, yang hakikatnya semua ilmu digunakan untuk memperkuat keimanan, dan keimanan harus terus ditingkatkan oeh imu pengetahuan.

BAB III
PENUTUP
Makalah Ilmu Pengetahuan dan Kedudukannya

Mengenai kedudukan alam semesta dalam perspektif filsafat pendidikan Islam adalah alam sebagai guru bagi manusia, dan sebagai tanda dari kekuasaan Allah. Sedangkan kedudukan manusianya adalah sebagai khlaifah yang akan mengatur atau mengelola alam ini, yang tentunya harus dibarengi dengan ilmu dan iman. Tanpa adanya ilmu dan iman, bagaimana bisa manusia dapat mengatur dan mengelola alam ini untuk kebutuhan hidup manusia sesuai dengan ketentuan-ketentuan atau hukum Allah. Dimana di dalam Alquran dan hadist, banyak menjelaskan tentang pentingnya menunutut ilmu, sehingga kedudukan ilmu ini sangat tinggi bagi manusia, dimana ilmu ini datangnya dari Allah swt. Sehingga dengan adanya ilmu, manusia dapat mencari kebenaran. dapat membedakan antara baik dan buruk, dan juga dapat membedakan derajat manusia.

DAFTAR PUSTAKA
  • Al-saibani,Omar Mohd. Al-Thoumiy, Filsafat Pendidikan Islami.1979.jakarta: Bulan Bintang
  • Al Rasyidin, Falsafah Pendidikan Islami.2008.Bandung: Citapustaka media perintis
  • Basyir,Ahmad Azhar, Refleksi Atas Persoalan Keislaman.1994.Bandung:Mizan.
  • Basri,Hasan, Filsafat pendidikan Islam.2009.Bandung: Pustaka Setia
  • Masruri,Hadi dan Rossidi, Imran, Filsafat Sains dalam Alquran.2007. Malang: UIN Malang Press.
  • Naik,Zair dan Gary Miller, Keajiban Al-quran Dalam Telaah Sains Modern.2008.Yogyakarta: Media Ilmu.
  • Syafaruddin, Filsafat Ilmu.2008.Bandung: Cita Pustaka Media Perintis
  • Syarqawi,Effat Asy ,Filsafat Kebudayaan Islami. 1985.Bandung: pustaka.

Mau Makalah Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Aneka Ragam Makalah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis