Aneka Ragam Makalah

Makalah Pentingnya Peta Konsep Ilmu Ekonomi Dalam Pembelajaran Ekonomi



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !. kalau sempat sumbang tulisannya ya !
Makalah Pentingnya Peta Konsep Ilmu Ekonomi Dalam Pembelajaran Ekonomi

BAB I
PENDAHULUAN

Penguasaan materi oleh pendidik dan buku pelajaran yang berkualitas memiliki peran yang sangat strategis untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Penguasaan materi oleh pendidik dan buku pelajaran yang berkualitas akan mampu membantu pendidik untuk mengorganisasi materi pemebelajaran secara utuh, sistematis, dan logis, dan pada akhirnya akan mampu membantu peserta didik untuk belajar (help student learn). Tentu hal ini tetap mempertimbangkan karakterisitk peserta didik.

Berdasarkan pengalaman, dalam pengorganisasian materi ekonomi maupun dalam penulisan buku pelajaran ekonomi masih sering terjadi perbedaan persepsi terhadap pengembangan suatu konsep ekonomi di antara pendidik/penulis buku pelajaran ekonomi. Hal itu merupakan sesuatu yang wajar, karena konsep ekonomi memang memungkinkan untuk dikembangkan secara luas, dan pengetahuan ekonomi dari pendidik/penulis sangat berpengaruh dalam pengembangan konsep tersebut. Oleh karena itu, untuk membantu pendidik/penulis buku pelajaran ekonomi dalam mengem-bangkan dan mengoraganisasikan materi secara utuh, sistematis, dan logis, kiranya diperlukan suatu alat atau sarana yang dapat memedomani pengembangan pengorganisasian materi ekonomi tersebut. Salah satu alat/sarana yang dianggap penting dan relevan dengan pengembangan/ pengorganisasian materi ekonomi tersebut adalah peta konsep ilmu ekonomi (economic concept mapping).

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pembelajaran dan Pengertian Ekonomi
Menurut aliran tingkah laku (behavior), belajar merupakan perubahan tingakh laku sebagai akibat dari adanya hubungan stimulus dan respon (Prasetya Irawan, 1995). Sementara itu menurut Nana Sudjana dan Daeng Arifin (1988), belajar merupakan proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang (subjek belajar). Perubahan sebagai hasil belajar dapat ditunjukkan dalam bentuk perubahan pengetahuan, pemaham-an, sikap, keterampilan, kecakapan, dan kemampuan. Proses belajar ini akan lebih berhasil apabila didukung dengan adanya proses pembelajaran (proses mengajar) oleh pendidik.

Mengajar (pembelajaran) dapat diartikan sebagai kegiatan membim-bing siswa belajar. Bisa juga dikatakan bahwa mengajar (pembelajaran) merupakan kegiatan mengatur dan mengorganisasikan lingklungan yang ada di sekitar anak didik agar mendorong anak didik tersebut melakukan kegiatan belajar (Nana Sudjana dan Daeng Arifin, 1988). Sementara itu Gagne (1988) menyatakan bahwa pengajaran (pembelajaran) merupakan peristiwa eksternal yang direncanakan untuk mendukung kegiatan belajar anak didik. Berdasarkan pengertian-pengertian tersebut, dapat dikatakan bahwa peng-ajaran (pembelajaran) merupakan suatu kegiatan menciptakan/mengorgani-sasikan lingkungan anak didik agar dapat mendorong anak didik tersebut melakukan kegiatan belajar. Kegiatan pengajaran/pembelajaran ini biasanya dilakukan oleh orang dewasa yang disebut pendidik. Selanjutnya berdasarkan pengeertian pembelajaran tersebut, maka pembelajaran ekonomi dapat diartikan sebagai kegiatan mengorganisasikan lingkungan (fenomena ekonomi) yang ada di sekitar anak didik, agar anak didik terdorong untuk mempelajari fenomena ekonomi tersebut, sehingga diperoleh kompetensi (keterampilan hidup) berekonomi.

Banyak faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran ekonomi. Faktor tersebut antara lain adalah kemampuan pendidik itu sendiri dalam menguasai/mengorganisasikan materi (fenomena) ekonomi yang akan dibelajarkan kepada anak didik, serta ketersediaan sarana pembelajaranya. Salah satu sarana pembelajaran ekonomi yang sangat penting adalah buku teks (buku pelajaran) ekonomi itu sendiri. Kualitas buku pelajaran ekonomi sebagai penunjang pembelajaran ekonomi sangat tergantung dari kemampuan penulis dalam menulis buku terseut. Untuk membantu pendidik dan penulis buku pelajaran ekonomi dalam mengorganisasikan materi ekonomi, kiranya diperlukan suatu pedoman pengorganisasian materi ekonomi. Pedoman tersebut tidak lain adalah peta konsep ilmu ekonomi.

B. Pengertian Peta Konsep Ilmu Ekonomi
Novak dan Gowin (1985) mendefinisikan konsep sebagai ” ..... a perceived regularity in events or objects, or records in events or objects …..” Dengan demikian konsep dapat berarti suatu catatan dari fenomena atau objek yang terjadi secara beraturan sehingga dapat diterima sebagai suatu kebenaran, dan kemudian diberi label atau nama. Misalnya suatu ruangan yang di dalamnya ada beberapa meja, kursi/bangku, dan alat tulis diberi nama ruang kelas.

Selanjutnya mereka juga menjelaskan bahwa peta konsep merupakan “paparan seluruh konsep milik suatu disiplin ilmu yang saling terkait sehingga membentuk proposisi-proposisi yang memberikan pengertian/makna tentang disiplin ilmu tersebut”. Berdasarkan pengertian peta knsep tersebut, maka peta konsep ilmu ekonomi dapat diartikan sebagai paparan seluruh konsep ilmu ekonomi yang saling terkait sehingga terbentuk proposisi-proposisi yang memiliki pengertian/makna tentang ilmu ekonomi.

Dengan kata lain dapat dijelaskan bahwa peta konsep ilmu ekonomi merupakan suatu paparan/gambaran hubungan yang bermakna antarkonsep ekonomi sehingga membentuk suatu makna baru yang disebut proposisi tentang ilmu ekonomi. Misalnya hubungan antara konsep penawaran dan konsep permintaan akan membentuk proposisi baru yang disebut pasar; hubungan antara konsep modal dan tenaga kerja akan membentuk proposisi baru yang disebut perusahaan. Peta konsep ilmu ekonomi selanjutnya dapat digunakan sebagai acuan dalam pengorganisasian atau pengembangan materi ekonomi, baik untuk kepentingan pembelajaran maupun penulisan buku pelajaran ekonomi. Sebagaimana peta konsep ilmu yang lain, Endang Sih Prapti dan Sugiharsono (2004) menjelaskan bahwa peta konsep ilmu ekonomi juga memiliki kriteria tertentu, seperti:
  • Konsep-konsep ekonomi yang bersifat umum dapat dijabarkan dalam konsep-konsep ekonomi yang lebih spesifik.
  • Hubungan antarfenomena ekonomi dapat bersifat horisontal maupun vertikal, dan juga bisa bersifat kausal maupun fungsional.
  • Hubungan antarkonsep ekonomi dapat membentuk hubungan yang bermakna dalam bentuk proposisi ekonomi.
  • Peta konsep ilmu ekonomi dapat dikaitkan dengan kompetensi yang dikehendaki dari suatu kurikulum, baik untuk kepentingan pembelajar-an maupun untuk penulisan buku pelajaran
C. Kekhususan Peta Konsep Ilmu Ekonomi
Pada umumnya setiap disiplin ilmu memiliki kekhususan tertentu yang tidak dimiliki oleh disiplin ilmu yang lain. Ilmu ekonomi pun memiliki kekhususan tertentu yang perlu diketahui oleh orang-orang yang terlibat dalam proses pembelajaran ekonomi, termasuk pendidik dan penulis buku ekonomi, serta peserta didiknya. Endang Sih Prapti dan Sugiharsono (2004) menyebutkan 6 aspek kekhususan ilmu ekonomi yang perlu dimuat dalam peta konsep ilmu ekonomi. Keenam asperk tersebut adalah:

1. Manusia sebagai Homoeconomicus yang Bermoral
Sebagai homoeconomicus (manusia ekonomi) ia menyadari bahwa jatidirinya merupakan ciptaan Tuhan yang dianugerahi moral. Sebagai manusia ekonomi yang bermoral, pengaruh religius dan sosial sangat dirasakan oleh homoeconomicus. Oleh karena itu, perilaku homoeconomicus selalu mempertimbangkan unsur-unsur religi dan sosial. Hal inilah yang membedakan seorang homoeconomicus dengan seorang kriminal ekonomi.

2. Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi Ilmu Ekonomi
Ontologi ilmu ekonomi menyangkut objek apa yang dipejari oleh ilmu ekonomi. Adapun objek yang dipelajari ilmu ekonomi adalah semua kegiatan atau upaya yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya dalam rangka mencapai kemakmuran. 

3. Keabstrakan dan Imajinasi
Tidak semua elemen pengetahuan dalam ilmu ekonomi merupakan elemen yang nyata (konkrit). Sebagian elemen pengetahuan ekonomi bersifat abstrak, bahkan ada yang tingkat keabstrakannya cukup tinggi, misalnya pengetahuan tentang kepuasan (utilitas). Oleh karena itu diperlukan imajinasi yang kuat untuk mempelajari pengetahuan dalam ilmu ekonomi.

4. Perbedaan Pendapat
Dalam analisis ekonomi sangat dimungkinkan terjadinya perbedaan pendapat antar individu/kelompok. Dari perbedaan pendapat inilah, menurut John stuart Mill justru akan terjadi perkembangan ilmu ekonomi. Namun demikiantetap diperlukan adanya cara-cara untuk menyatukan perbedaan pendapat tersebut. Cara-cara ini menyangkut commonsense, norma-norma, waktu, dan siklus ekonomi.

5. Dialektika
Perbedaan pendapat juga didasarkan pada dialektika ilmu ekonomi yang merupakan proses pembentukan pendapat tersebut. Ilmu ekonomi mengenal proses dialektika idealisme Hegel, dimana urutan pembentukan pendapat diformulasikan "Tesa – Antitesa – Sintesa – Tesa – dan seterusnya."

6. Kesepakatan dan Kebiasaan (rule of thumb)
Dalam meberikan pendapat tentang fenomena ekonomi, seringkali diperlukan kesepakatan atau keiasaan yang dijadikan dasar argumentasi. Cara ini bisa dilakukan ketika hasil analisis terhadap fenomena ekonomi tidak dapat dilakukan secara tepat. Misalnya analisis satu fenomena belum selesai, tetapi pendapat sudah didesak untuk dikeluarkan, karena kepentingan masyarakat. Dalam hal ini pendapat berdasarkan kesepakatan atau kebiasaan tetap harus memenuhi tiga pilar legalitas (bermoral, logis, dan dapat diper-tanggungjawabkan.

D. Manfaat Peta Konsep Ilmu Ekonomi Dalam Pembelajaran Ekonomi
Pada dasarnya peta konsep ilmu ekonomi memiliki manfaat antara lain sebagai berikut.
  • Dapat digunakan sebagai landasarn untuk mengorganisasikan pengeta-huan ekonomi.
  • Dapat digunakan untuk mengeksploitasi kompetensi ekonomi yang ada pada peserta didik.
  • Dapat digunakan sebagai landasan penyusunan sistematika pembelajaran ekonomi.
  • Dapat digunakan sebagai landasan penyusunan kerangka (outline) buku pelajaran ekonomi.
  • Untuk membantu meringkas makna dari isi buku pelajaran ekonomi.
  • Untuk membantu penyusunan kurikulum bidang studi ekonomi.
  • Untuk membantu menampilkan pengetahuan ekonomi dan perubahannya dalam proses pembelaran ekonomi.
  • Membantu peserta didik mengitegrasikan pengetahuan ekonomi yang telah dimiliki dan yang baru dipelajari dalam proses pembelajaran ekonomi.
  • Membantu guru maupun peserta didik untuk memahami konsep ekonomi secara utuh dan sistematis.
Dengan melihat manfaat peta konsep ilmu ekonomi tersebut, jelaslah bahwa peta konsep ilmu ekonomi memiliki peran penting dalam pembelajaran ekonomi. Dengan peta konsep tersebut, pembelajaran ekonomi akan lebih mudah mencapai kompetensi peserta didik yang diinginkan dalam pembelajaran ekonomi. Hal ini disebabkan peta konsep ilmu ekonomi akan mempermudah guru dalam mengorganisasikan pengetahuan ekonomi menjadi materi pembelajaran yang utuh, sistematis, dan logis. Di samping itu, peta konsep ekonomi juga akan mempermudah penulis buku pelajaran ekonomi untuk mengorganosasikan pengetahuan/materi ekonomi menjadi sebuah karya tulis (buku pelajaran) yang berkualitas dilihat dari sisi keutuhan dan sistematika materi. Karakteristik materi pembelajaran yang demikian itulah yang mempermudah peserta didik untuk memahami materi yang dipelajari.

BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN

Berdasarkan uraian materi di muka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa peta konsep ilmu ekonomi memiliki manfaat yang sangat penting bagi pendidik dan bagi penulis buku pelajaran ekonomi dalam mengorganisasikan pengetahuan/materi ekonomi. Peta konsep ilmu ekonomi ini akan dapat diguakan sebagai landasan pengembangan dan pengorganisasin pengeta-huan/materi ekonomi sehingga terwujud materi pembelajaran ekonomi yang utuh dan sistematis. Dalam kaitannya dengan penulisan buku pelajaran ekonomi, peta konsep ilmu ekonomi juga dapat menjadi landasan bagi penulis untuk mengembangkan dan mengorganisasikan pengetahuan/materi ekonomi, sehingga terwujud buku pelajaran yang berkualitas dari sisi keutuhan dan sistematika materinya. Kesimpulan lebih lanjut dapat dikatakan bahwa peta konsep ilmu ekonomi memiliki peran yang sangat penting bagi pendidik maupun penulis buku pelajaran ekonomi dalam rangka mewujudkan materi pembelajaran ekonomi yang utuh, sistematis, dan logis. Karakteristik materi yang demikian itulah yang mempermudah bagi peserta didik untuk memahami materi yang dipelajarinya. Dengan demikian secara tidak langsung, adanya peta konsep ilmu ekonomi aan membantu dan memperlancar pembelajaran ekonomi dalam mencapai tujuannya.

DAFTAR PUSTAKA
  • Endang Sih Prapti dan Sugiharsono, 2004, Peta Konsep Ilmu ekonomi, Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Nana sudjana dan Daeng Arifin, 1988, Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar-Mengajar, Cetakan Pertama, Bsndung, CV Sinar Baru.
  • Novak and Gowin, 1985, Concept Mapping, McGraw-Hill, International Edition.
  • Gagne, Robert M., 1988, Prinsip-Prinsip Belajar untuk Pengajaran, Terjemahan Abdilah Hanafi dan Abdul Manan, Surabaya, Usaha Nasional.
  • Prasetya Irawan, suciati, dan Wardani I.G.A.K, 1995, Teori Belajar, Motivasi, dan Keterampilan Mengajar, Pusat Antaruniversitas, Dirjen DIKTI, Departemen Pendidikan Nasional.


Makalah atau artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Makalah Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Aneka Makalah - All Rights Reserved