Aneka Ragam Makalah
Jasa Review
Mainbitcoin

Makalah Pengertian Blogger dan wordpress


PENDAHULUAN

Apakah membuat sebuah blog harus mengerti bahasa pemprograman web? Tentu tidak. Pengguna awam pun, bias. Asalkan dia mampu mengoprasikan computer dan bias mengakases internet. Apalagi jika pernah membuat atau mendaftar sebuah email, tentu saja mendaftar diblog juga pasti bisa.

Banyak penyedia layanan blog yang bisa Anda pilih. Tentu saja, harus sesuai dengan tema apa yang akan Anda publikasikan. Jika Anda hanya ingin mempublikasikan pengalaman pribadi Anda, Anda bisa memilih www.wordpress.com atau www.blogger.com.

Sebenarnya Wordpress dan Blogger itu memiliki persamaan karena Wordpress dan Blogger merupakan bagian dari Microsoft. Selain mudah untuk di gunakan Wordpress dan Blogger lebih efisien dan menghemat waktu, tentu saja Wordpress dan Blogger memberikan layanan GRATIS.

PEMBAHASAN

Pengertian Blog, Blogger dan Wordpress

A. Pengertian Blog

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. 

B. Pengertian  WordPress dan Blogger (blogspot) 

WordPress merupakan salah satu jenis CMS yang populer di samping Blogspot, Drupal, Mambo dan Joomla. Berbeda dengan blogspot yang menggunakan bahasa pemrograman HTML dan XML, wordpress dibuat dalam bahasa PHP dan menggunakan database MySQL. WordPress adalah salah satu CMS yang sangat cepat mengalami perubahan system lebih tepatnya rilis versi wordpress dari satu versi ke versi lainnya sangat cepat, mulai dari versi wordpress Versi 2.0 sampai sekarang wordpress versi 3.0.4

C. Persamaan dan Perbedaan WordPress dan Blogger (blogspot)  

Tenyata selain Wordpress dan Blogger memiliki persamaan, tetapi juga mempunyai perbedaan salah satu faktor yang sangat penting dari WordPress.org ini adalah tersedianya banyak plugin-plugin gratis untuk meningkatkan performa blog. Plugin-plugin ini yang pasti tidak tersedia di blogger.com, jadi ini adalah perbedaan antara keduanya. Ada plugin yang ditawarkan di WordPress.org untuk membuat blog Anda lebih unggul pada mesin pencari dan banyak jenis plugin lainnya untuk berbagai kegunaan dibanding dengan blogger.com yang tidak memiliki plugin.

Satu hal lagi yang perlu diingat, inti perbedaan antara WordPress dan blogger.com adalah bahwa dengan WordPress Anda memiliki kontrol penuh atas blog Anda, sedangkan pada blogger.com Anda tidak memilikinya. Memiliki kontrol penuh blog Anda adalah hal paling penting yang harus Anda punya jika Anda membangun sebuah blog untuk keperluan bisnis dan jangka panjang.

PENUTUP

Sebenarnya Wordpress dan Blogger itu memiliki persamaan karena Wordpress dan Blogger merupakan bagian dari Microsoft. Selain mudah untuk di gunakan Wordpress dan Blogger lebih efisien dan menghemat waktu, tentu saja Wordpress dan Blogger memberikan layanan GRATIS. Sekarang Anda yang tentukan, apakah Memilih Blogger atau Wordpress


Daftar Pustaka

  • Setyaji, J dan S, Sudarma. (2012). Buku Pintar Ngeblog. Jakarta: Media Kita
  • Zaenal Ali, (2011). Website Super Keren dengan Wordpress 3.x. Jakarta: Media Kita
  • Manzur Aunurrofiq, (2011). Blog for Fun. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
  • Willsen Lea, (2011). Teknik Dasar Blogspot untuk Blogger Kreatif. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
  • Andi. (2010). Membuat blog dengan Blogger. Yogyakarta: CV.Andi Offset
  • Enterprise Jubille, (2009). Blogspt komplit untuk semua kalangan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Mau Makalah Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Aneka Ragam Makalah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis