Aneka Ragam Makalah
Jasa Review
Mainbitcoin

Simulasi Aplikasi Java 2 Platform Micro Edition


Makalah Simulasi Aplikasi Java 2 Platform Micro Edition

BAB I
PENDAHULUAN

Akhirnya program simulasi aplikasi Java 2 platform J2ME microedition java pada MIDlet Jadwal Ujian dengan Mysql dapat dijalankan pada Handheld pada J2ME toolkit dan emulator SL45i dengan baik.  Ada baiknya menggunakan update software yang baru misalkan bila menggunakan database Mysql gunakanlah software baru yang versi adminnya sudah kompatibel dengan operating sistem windows yang digunakan. Selama membuat program dari awal mula database dibuat ketelitian pemakaiaan nama class, servlet, user, password yang digunakan haruslah diingat dan dihafalkan karena hal tersebut sangat vital dalam membuat program Java.  Emulator yang ada memiliki spesifikasi, ukuran dan bentuk yang sama dengan  perangkat sesungguhnya (real devices), sehingga memudahkan pemrogram untuk mencoba aplikasi MIDlet yang telah dibuat.


BAB II
PEMBAHASAN

1. Teknologi Wireless Java

Secara konsep, teknologi wireless dapat dibagi dalam dua katagori, pertama untuk local dan kedua untuk area yang luas. Peralatan yang termasuk dalam katagori pertama misalnya adalah remote control untuk membuka atau mengunci mobil maupun garasi, telepon cordless 900Mhz, peralatan mainan dengan radio control, atau jaringan wireless. Peralatan wireless jenis pertama ini hanya bekerja untuk daerah dengan jangkauan yang tidak terlalu jauh. Sedangkan peralatan jenis aplikasi yang kedua diantaranya adalah pager, handphone, pda, dan sejenisnya. Jangkauan dari perangkat tersebut jauh lebih besar dari aplikasi jenis pertama. Karena jaringan yang ada di permukaan bumi berupa cell-tower, peralatan komunikasi bergerak seperti handphone menerima layanan dari sebuah wireless carrier atau perusahaan yang mengoperasikan cell-tower tersebut.

Aplikasi komunikasi bergerak, dalam perkembangan awal masing-masing vendor menghasilkan platform aplikasi dan sistem operasi sendiri. Sehingga sebuah peralatan handphone Nokia dan Siemens mempunyai platform aplikasi masing-masing. Perbedaaan aplikasi menyebabkan suatu platform aplikasi maupun sistem operasi dalam handphone Nokia tidak dapat dijalankan dalam peralatan handphone Siemens misalnya. Sehingga berakibat memperburuk pengembangan aplikasi-aplikasi yang baru.

Standarisasi yang dilakukan untuk membuat suatu bahasa pemrograman yang memiliki kebebasan platform atau platform independence. Salah satu teknologi Java adalah “write once run everywhere”, sehingga protabilitas Java merupakan suatu kekuatan yang dimiliki Java. Java dijalankan pada sistem operasi apapun tanpa perlu kompilasi ulang program Java yang dibuat. Untuk komunikasi bergerak, Sun Microsystem mengenalkan Java 2 Micro Edition (J2ME) yang merupakan salah satu bagian teknologi Java yang digunakan untuk aplikasi Java yang berjalan pada perangkat mobile device dan teknologi aplikasi wireless.


2. Java Virtual Machine (JVM)

Java Virtual Machine adalah software yang berfungsi untuk menjalankan program Java supaya dapat dimengerti oleh komputer. Kode program Java ditulis menggunakan editor teks seperti Notepad, Textpad, Editplus, Jcreator dan lainnya.

Java Compiler yang digunakan untuk mengkompilasi kode program Java dirancang untuk menghasilkan kode yang netral terhadap semua arsitektur perangkat keras (hardware) yang disebut sebagai Java Bytecode (*.class). Dan JVM merupakan basis dari Java platform dan menjembatani antara bytecode dengan hardware.


3. Java Application Programming Interface (Java API)

Java API merupakan komponen-komponen dan kelas Java yang sudah jadi, yang memiliki berbagai kemampuan. Kemampuan untuk menangani objek, string, angka dan sebagainya
  • Java Applet merupakan program Java yang berjalan di atas browser. Penggunaan applet ini akan membuat halaman HTML lebih dinamis dan menarik.
  • Java Networking
  • Java Database Connectivity (JDBC) 
JDBC API terdiri atas class dan interface yang ditulis dalam bahasa Java untuk sebagai alat bantu bagi pembuat program (developer) dan menyediakan sekumpulan API untuk mengatur keamanan mengakses database seperti Oracle, MySQL, PostgreSQL, Microsoft SQL Server. Jadi keunggulan API JDBC dapat mengakses sumber data dan berjalan pada semua Platform yang mempunyai Java Viortual Machine (JVM).


4. Java Server Pages (JSP)

JSP adalah suatu teknologi web berbasis bahasa pemrograman Java dan berjalan pada platform Java. JSP merupakan pengembangan dari Servlet serta merupakan bagian dari teknologi Java 2 Platform, Enterprise Edition (J2EE).


    
Sebahagian Makalah ini tidak saya muat karena adanya gambar dan tabel, jadi untuk mendapatkannya secara lengkap dapat anda download dalam format DOC di sini
    


DAFTAR PUSTAKA
  • Wicaksono, Adi. 2002. Dasar-dasar Pemrograman Java 2. Elex Media Kompuntindo. Jakarta. 
  • Wicaksono, Adi. 2002. Pemrograman Aplikasi Wireless dengan Java. Elex Media Komputindo. Jakarta. 
  • Sanchez, Julio. Canton, Maria P. 2002. JAVA 2 Weekend Crash Course. Elex Media Komputindo. Jakarta. 
  • Setyabudi, Agus. Samuel, Albert.2002. Java Servlet dan JSP. Elex Media Komputindo. Jakarta. 
  • Dwi. Prasetyo, Didik. 2002. Administrasi Database Server MySQL. Elex Media Komputindo.Jakarta. 
  • Aditya. Hartanto, Antonius. 2003. Java 2 Micro Edition Mobile Interface Device Programming. Elex Media Komputindo. Jakarta. 
  • W. Purbo, Onno. Daniel S., Akhmad. 1998. Java & JavaScript. Elex Media Komputindo. Jakarta. 
  • Tremblet, Paul. 2002. Instant Wireless Java with J2METM . Osborne. USA 
  • Rickyanto, Isak. 2002. Java Server Pages. Elex Media Komputindo. Jakarta.
     ----. 2002. Borland Jbuilder MobileSet: Developer’s Guide. Borland Software Corporation. California. 
  • ----. 2001. MIDP APIs for Wireless Applications. Sun Microsystems, Inc. California. 
  • ----. 2001. Java 2 Platform, Micro Edition Wireless Toolkit User’s Guide (Version 1.0.3). Sun Microsystems, Inc. California. 
  • Fathansyah, Ir. 1999. Basis Data. Penerbit Informatika.Bandung. 
  • Allamaraju, Avedal, Browett, Diamond, Griffrin, Holden, Johnson, Karsjens, Kim, Longshaw, Myers, Nakhimovsky, O’Connor, Tyagi, Van Damme, Van Huizen, Wilcox, Zeiger., Profesional Java Server Programming J2EE Editon, Wrox Press Ltd, Birmingham, 2000.

Mau Makalah Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Aneka Ragam Makalah - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified by Ibrahim Lubis