Aneka Ragam Makalah

Makalah Ruang Warna CIELUV | Teknik Pengolahan Citra



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !. kalau sempat sumbang tulisannya ya !
 
Makalah Ruang Warna CIELUV

Oleh : Muhammad Arifin Lubis
Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN - SU

DEFINISI

CIELUV adalah ruang warna valensi kromatik Adams, dan merupakan pembaruan dari ruang warna CIE 1964 (U *, V *, W *) (CIEUVW). Perbedaannya termasuk skala cahaya yang sedikit dimodifikasi, dan skala kromatisitas seragam yang dimodifikasi di mana salah satu koordinat, v ′, adalah 1,5 kali lebih besar dari v pada pendahulunya tahun 1960. CIELUV dan CIELAB diadopsi secara bersamaan oleh CIE ketika tidak ada konsensus yang jelas dapat dibentuk di belakang hanya satu atau yang lain dari dua ruang warna ini.

CIELUV menggunakan adaptasi titik putih tipe Judd (translasional) (berbeda dengan CIELAB, yang menggunakan transformasi von Kries "salah"). Hal ini dapat menghasilkan hasil yang bermanfaat ketika bekerja dengan satu iluminan, tetapi dapat memprediksi warna imajiner (mis., Di luar lokus spektral) ketika mencoba menggunakannya sebagai transformasi adaptasi kromatik. Transformasi adaptasi translasi yang digunakan dalam CIELUV juga terbukti berkinerja buruk dalam memprediksi warna yang sesuai.

Dalam kolorimetri, ruang warna CIE 1976 L *, u *, v *, yang biasa dikenal dengan singkatan CIELUV, adalah ruang warna yang diadopsi oleh Komisi Penerangan Internasional (CIE) pada tahun 1976, sebagai transformasi sederhana untuk menghitung ruang warna CIE XYZ 1931, tetapi mencoba keseragaman persepsi. Ini banyak digunakan untuk aplikasi seperti grafik komputer yang berurusan dengan lampu berwarna. Meskipun campuran aditif dari lampu berwarna berbeda akan jatuh pada garis di diagram kromatisitas seragam CIELUV (dijuluki CIE 1976 UCS), campuran aditif tersebut tidak akan, bertentangan dengan kepercayaan populer, jatuh di sepanjang garis dalam ruang warna CIELUV kecuali campurannya konstan dalam terang.


PEMBAHASAN

CIE 1976 L*u*v* - CIELUV
Usaha untuk menyeragamkan skala pada diagram chromaticity yang sebanding dengan persepsi mata manusia dilakukan secara intensif mulai tahun 1960-an dan pada tahun 1976 CIE berhasil mendefinisikan chromaticity u’, v’ yang nyaris memiliki skala seragam sempurna. CIE mendefinisikan ruang warna CIELUV berdasarkan rumusan yang ditulis ilmuwan Amerika Elliot Quincy Adams pada tahun 1960 dinamakan “Adams chromatic valence color space”; dan melalui sebuah perubahan dari CIE 1964 (U*,V*,W*) CIEUVW.

Perubahan ini meliputi sedikit modifikasi skala Kecerahan Warna (Lightness) dan sebuah perubahan lainnya pada skala v', dimana nilai v' sama dengan 1,5 kali nilai v pada versi pendahulunya di tahun 1960. Diagram yang dibentuk ini juga dikenal dengan diagram chromaticity u'v' memiliki skala keseragaman yang lebih memuaskan daripada chromaticity sebelumnya; dalam ruang warna CIE 1976 UCS (Universal Chromaticity Scale) yang dapat dibandingkan dengan chromaticity uv yang dirancang oleh David MacAdam di tahun 1960 tersebut.

Ruang warna CIE 1976 (L*u*v*) atau CIELUV merupakan ruang warna dengan skala seragam didefinisikan dengan menggambarkan 3 koordinat geometrik L*, u* dan v* rumus konversi CIEXYZ  -->  CIELUV 

CIEL*u*v* color model
Dan notasi CIEL*u*v* diberikan arti sesuai persepsi manusia yaitu:
CIE_ L* = lightness atau kecerahan warna
CIE_u* = kuat warna pada sumbu merah – hijau
CIE_v* = kuat warna pada sumbu kuning – biru
Sedangkan versi silinder nya adalah CIELChuv, yang diberikan arti sebagai berikut:
CIE_Cuv  = nilai chroma atau kejenuhan warna
CIE_huv  = nilai hue atau jenis warnanya


Diagram Chromaticity u*v*
Karena besaran CIELUV mendekati linear sebanding dengan persepsi mata manusia, maka pada ruang warna ini dimungkinkan untuk menghitung perbedaan warna dengan rumusan sederhana yang dapat dengan mudah untuk dimengerti dan dibuat perbandingan, yaitu:

REFERENSI
  • J├ínos D. Schanda, COLORIMETRY - Chapter 9 dari buku OSA/AIP Handbook of Applied Photometry (ed.: Dr. Casimer DeCusatis IBM, Poughkeepsie, NY USA)
  • Mark D Fairchild, Color Appearance Models. Reading, MA: Addison-Wesley, 1998.
  • Silja Holopainen, Colorimetry - Presentasi Bahan Kuliah Pengukuran Warna, 2006


Makalah atau artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Makalah Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Aneka Makalah - All Rights Reserved