Aneka Ragam Makalah
Jasa Review

Sebelum Mulai Bisnis di Indonesia, Ketahui Hal Penting Berikut



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !. kalau sempat sumbang tulisannya ya !
Apakah anda warga asing yang ingin memulai bisnis di Indonesia? Jika ya, maka terdapat beberapa hal yang wajib untuk anda ketahui. Hal ini bukan tanpa alasan karena sebelum memulai bisnis di Indonesia, ada beberapa syarat dan prosedur yang harus anda lewati tersebut. Jangan sampai anda sudah mempunyai bisnis di Indonesia tetapi tidak mematuhi peraturan.

Saat ini, memang Indonesia banyak dijadikan sebagai tempat berinvestasi bagi warga asing karena banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan dan pasar yang cukup luas. Tetapi sebelum anda mendirikan bisnis anda tersebut, terdapat beberapa hal yang wajib untuk anda ketahui, untuk lebih jelasnya, simak ulasan dibawah ini.

Tips memulai bisnis di Indonesia
1. Lihat jenis usaha yang akan anda dirikan di Indonesia
Hal utama yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan untuk mendirikan suatu usaha di Indonesia adalah dengan melihat jenis usaha. Perlu anda ingat apabila ada sektor yang tidak boleh untuk dimiliki oleh warga asing atau bukan WNI.

Dikarenakan perusahaan maupun industri di Indonesia diwajibkan untuk mengutamakan warga Negara Indonesia. Adapun ketentuan pembatasan kepemilikan asing tersebut adalah dari nol hingga 95 persen. Tidak sedikit dari warga asing yang mencari mitra local untuk bisa mengembangkan bisnis mereka dengan mudah.

2. Jenis perusahaan
Perhatikan juga jenis usaha sebelum memulai bisnis di Indonesia. Hal ini dikarenakan pemerintah Indonesia ingin melindungi para pengusaha mikro, kecil hingga menengah. Tidak hanya itu saja, ternyata juga terdapat aturan bahwa perusahaan yang dimiliki oleh warga asing harus terdaftar terbatas maupun PMA.

Bukan hanya itu saja, untuk pendirian perusahaan asing tersebut juga harus bisa lolos persyaratan tentang investasi minimal dan juga modal untuk disetorkan.

3. Perhatikan tenaga kerja yang akan anda rekrut
Berikutnya, anda juga harus memperhatikan tenaga kerja yang ingin anda pekerjakan. Di Indonesia sendiri sekitar 60% dari penduduknya merupakan usia yang produktif. Tetapi faktanya, tidak semuanya mempunyai keterampilan minimal di dalam dunia industri.

Hal ini disebabkan karena pendidikan di Indonesia yang kurang merata bahkan anda juga akan kesulitan untuk menemukan talent pool terutama di luar pulau Jawa. Sedangkan, jika anda akan mempekerjakan orang asing maka akan membutuhkan persyaratan yang lebih rumit. Inilah yang menjadi tantangan tersendiri buat warga asing yang akan mendirikan usaha.

Agar anda bisa menemukan sumber daya manusia yang mendukung bisnis anda, maka pastikan anda benar-benar selektif didalam memilih sumber daya manusia tersebut.

4. Perhatikan pasar yang ingin dibidik
Di Indonesia sendiri, segmentasi pasar sangat luas. Hal ini tidak lain karena Indonesia mempunyai keanekaragaman budaya hingga suku. Itulah mengapa anda juga tidak bisa berpendapat jika Indonesia merupakan pasar tunggal. Setiap kelompok juga mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.

5. Adanya birokrasi dan hukum yang harus dipenuhi
Jika anda ingin membangun bisnis di Indonesia, maka pastikan anda memperhatikan birokrasi maupun hukum di Negara ini. Hal ini bukan tanpa alasan karena birokrasi di Indonesia cukup rumit. Bahkan mungkin akan membuat warga asing merasa kesulitan untuk mengurusi peraturan tersebut terutama bagi yang pertama kali.

Demikian beberapa hal penting yang wajib untuk anda ketahui apabila ingin memulai bisnis di Indonesia. Jangan sampai anda menyepelekan peraturan dan kebijakan yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia apabila anda ingin mendirikan bisnis yang dianggap sah di mata hukum dan dapatkan solusi dari permitindo.com.


Makalah atau artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Makalah Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
Ini adalah Halaman Pertama
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Aneka Makalah - All Rights Reserved