Aneka Ragam Makalah
Jasa Review

Apa Itu Colocation Server?



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !. kalau sempat sumbang tulisannya ya !
NEX
Teknologi yang terus maju saat ini memang menghadirkan kemudahan-kemudahan baru dalam berbagai bidang. Sebagai bidang yang paling penting, banyak perusahaan yang memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengembangkan usahanya. Salah satunya yaitu server yang merupakan media penunjang dalam memenuhi kebutuhan informasi perusahaan-perusahaan saat ini. Jenis server yang sangat membantu operasional perusahaan yaitu Colocation server. Bagi Anda yang belum mengenal server ini, simak berbagai penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Tentang Layanan Colocation Server
1. Pengertian
Colocation bisa dikatakan sebagai tempat atau wadah yang disebut dengan rack dan berfungsi untuk menyimpan data center. Server ini biasanya dikelola oleh pihak ketiga sehingga perusahaan hanya tinggal memanfaatkan layanannya saja. Dengan adanya layanan ini, perusahaan tidak perlu membuat server sendiri karena segala hal diurus oleh pihak ketiga termasuk dengan perawatan hardware dari sebuah server. Jadi dengan kata lain, Anda menyewa sebuah tempat yang dimiliki oleh penyedia yang menyediakannya.

2. Perbedaan dengan Dedicated
Bagi yang familiar dengan IT, mungkin Anda juga pernah mendengar istilah dedicated server. Colocation dan Dedicated Server ini merupakan dua hal yang berbeda, dimana Dedicated Server yaitu layanan server lain yang biasa digunakan oleh sebuah perusahaan dengan kebutuhan server yang besar. Perbedaan dari kedua server ini yaitu tidak adanya sistem sharing dengan pengguna lainnya.

3. Perbedaan dengan Hosting
Satu lagi yang sering berkaitan dengan server ini yaitu Hosting. Pengertian Hosting sendiri merupakan media penyimpanan dalam konteks sebuah website. Di dalam Hosting Anda bisa menyimpan berbagai macam file seperti gambar, aplikasi, email, teks, dan berbagai jenis file lainnya. Jika dilihat secara fungsi, keduanya memang sama-sama digunakan sebagai tempat atau wadah. Namun sebenarnya ada perbedaan yang cukup mendasar dari keduanya, dimana colocation memiliki koneksi dengan banyak server yang berbeda. Teknologinya lebih unggul dibandingkan Hosting maupun Dedicated Server karena lebih sederhana.

4. Jenis-Jenis
Colocation merupakan layanan berteknologi modern yang memiliki cukup banyak manfaat untuk perusahaan yang menggunakannya. Tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, ada beberapa jenis yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Beberapa jenis yang tersedia yaitu Per U, Half Rack, dan Full Rack. Disamping itu, ada juga 2 model penyimpanan yang bisa dipilih yaitu pada kabinet atau rack. Jika memilih model rack, biasanya penyewa bisa mengaturnya sesuai kebutuhan.

Keuntungan Menggunakan Colocation Server
Berikut ini keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menyewa jasa server:

1. Lebih Efisien
Menggunakan layanan ini dapat membantu Anda meningkatkan efisiensi. Mengapa demikian? Karena ketika menggunakan layanan ini, Anda tidak perlu memikirkan masalah perawatan atau maintenance serta pembaharuan server yang pasti akan menghabiskan banyak waktu. Karyawan IT di perusahaan Anda bisa mengurusi masalah lainnya demi meningkatkan layanan perusahaan. Sebab semua urusan yang berkaitan dengan server ini merupakan tanggung jawab dari pengelola.

2. Lebih Aman
Data penting yang Anda simpan akan lebih aman jika menggunakan layanan ini. Sebab, server tetap bisa berjalan dengan baik meski terjadi hal yang tidak diinginkan seperti listrik atau internet tidak stabil, bencana alam, dan lain sebagainya.

3. Lebih Hemat
Jika Anda memilih membangun server dari awal maka Anda harus menyiapkan dana yang tidak sedikit. Pasalnya, peralatan untuk membuat sever sendiri tidaklah murah. Dengan layanan yang diberikan, Anda bisa menghemat biaya tersebut.

Itulah berbagai informasi yang bisa diberikan mengenai layanan Colocation Server. Jika membutuhkan layanan ini untuk perusahaan, Anda bisa menyewa layanan yang diberikan oleh NEX. Dengan menggunakannya, Anda bisa mendapatkan layanan yang berkualitas sehingga membantu kemajuan perusahaan.


Makalah atau artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Makalah Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Aneka Makalah - All Rights Reserved