Aneka Ragam Makalah
Jasa Review

Ini Lho Cara Memilih Merek Oli Motor atau Mobil Sesuai Dengan Kebutuhan!



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !. kalau sempat sumbang tulisannya ya !
Oli Motor
Memiliki sebuah kendaraan berati Anda harus siap dan harus selalu memerhatikan bagian oli mesinnya. Dengan memilih oli mesin yang tepat maka kendaraan memiliki usia yang panjang. Dengan kata lain, oli mesin memiliki peranan yang sangat penting di dalamnya. Anda harus rajin mengganti dengan tepat waktu oli mesin kendaraan Anda.

Jika tidak maka akan berakibat yang cukup fatal pada kondisi mesin kendaraan tersebut. Banyaknya merek oli yang bertebaran di pasaran sering kali membuat para pengendara bingung dalam memilih. Selain varian harga oli tersebut juga memiliki berbagai variasi dan spesifikasi. Perlu diperhatikan, oli yang harganya mahal belum tentu cocok dengan kendaraan milik Anda. Anda bisa memilih oli dengan kebutuhan yang sesuai agar performa pada kendaraan menjadi prima.

Tahukah kamu apa saja fungsi oli untuk kendaraan? Tidak hanya berfungsi sebagai pelumas saja, tapi juga berfungsi sebagai anti karat, pendingin, dan sebagai penutup celah pada dinding mesin. Adanya oli mesin juga membuat kendaraan menjadi stabil dan tidak terlalu menghasilkan suara kebisingan. Lalu bagaimana caranya memilih merek oli yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Memilih Oli yang Sesuai
Banyak sekali para pengendara yang masih bingung ketika ingin memilih merek oli yang terbaik untuk kendaraannya masing-masing. Anda bisa memanfaatkan SAE sebagai parameter dalam memilih merek oli mobil. Pada umumnya akan terdapat kode spesifikasi yang menunjang seperti 10W-40, 15W-40, dan masih banyak lagi lainnya.

Anda mungkin bingung maksud dari W yang terletak di akhir. Cara untuk membacanya sangat mudah. W adalah singkatan dari Winter. Contohnya SAE 10W-50 maka oli tersebut menunjukkan kekentalan SAE 10 pada suhu dingin dan menunjukkan kekentalan SAE 50 pada suhu yang panas. Hal tersebut membuat oli menjadi terlindungi secara optimal meski dinyalakan dalam keadaan yang ekstrem.

2. Memilih Oli yang Bersertifikasi
Salah satu cara mudah untuk memilih merek oli terbaik untuk kendaraan milik Anda adalah memilih oli yang sudah bersertifikasi. Ada beberapa badan yang mengeluarkan sertifikasinya antara lain JASO, API, ACEA, dan ILSAC. Dengan adanya sertifikasi membuat Anda semakin yakin dalam memilih dan menggunakannya serta sudah terjamin akan kualitas dan spesifikasinya. Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir atau ragu dengan kualitas merek oli tersebut.

3. Memerhatikan Buku Panduan
Cara mudah lainnya yang bisa Anda coba untuk memilih pelumas mesin terbaik adalah dengan memerhatikan buku panduan milik kendaraan Anda. Dengan cara ini Anda bisa dengan mudah menentukan jenis oli yang terbaik untuk kendaraan karena biasanya dalam buku panduan terdapat beberapa rekomendasi pelumas apa saja yang sesuai sehingga Anda tidak akan lagi salah pilih. Selain itu, jangan terpaku dengan merek oli kendaraan itu saja tetapi juga memerhatikan dan mengutamakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan Anda.

4. Memilih Bahan Mineral atau Sintetis
Oli atau pelumas mesin memiliki dua jenis yaitu oli dengan bahan mineral dan oli dengan bahan sintetis. Masing-masing mempunyai keunggulannya sendiri. Pada oli dengan bahan sintetis memiliki keunggulan dalam mengatasi perubahan suhu sehingga dapat melumasi mesin dengan keadaan apa pun. Oli dengan bahan mineral memiliki molekul yang alami sehingga bisa merawat kondisi mesin dengan baik. Nah, dengan melihat keunggulannya Anda bisa memilih mana yang paling sesuai dengan kendaraan milik Anda.

Itulah cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk memilih merek oli yang sesuai dengan kebutuhan.


Makalah atau artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Makalah Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
Ini adalah Halaman Pertama
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Aneka Makalah - All Rights Reserved