Aneka Ragam Makalah

Apa Itu Aupair? Ini Kelebihan dan Kekurangan dari Program Aupair



Jika bermanfaat, Mohon di Share ya !. kalau sempat sumbang tulisannya ya !

Apa Itu Aupair? Ini Kelebihan dan Kekurangan dari Program Aupair

Au Pair

Apa itu AuPair? Mungkin banyak diantara kalian yang masih bingung dengan AuPair dan bertanya demikian. AuPair sendiri berasal dari bahasa Perancis yang artinya balas jasa. 

Program Au Pair sudah dijalankan oleh beberapa negara, seperti Jerman, Australia, Kanada, dan masih banyak lagi.

Program Aupair Jerman ini dikhususkan untuk anak muda berusia 18-30 tahun yang ingin memperdalam bahasa dan budaya baru di negara tersebut.

Saat menjadi seorang AuPair, maka kamu akan menjadi asisten domestik dari negara asing yang bekerja dan tinggal dengan keluarga angkat (host family)  sebagai bagian dari keluarga mereka. Kamu juga ikut serta dalam tanggung jawab keluarga angkat kamu.

Berarti sama dong kayak TKI? Bukan begitu. Saat menjadi Au Pair, maka kamu juga akan dianggap sebagai keluarga, dan keluarga kamu disana akan disebut host family, pastinya berbeda sekali dengan TKI/TKW ya.

Saat menjadi Au Pair, kamu diharuskan untuk menjadi kakak bagi anak-anak host family mu dan bersama-sama serta mengawasi mereka selama 8 jam dari senin-jumat, kamu pun bisa sambil bermain juga dengan mereka.

Kelebihan dan Kekurangan Aupair Jerman

Sudah paham kan apa itu Aupair? Namun ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan kalian dapatkan dari program Au Pair ini, apa sajakah itu?

Kelebihan, pastinya kita bisa hidup di luar negeri dan mempelajari bahasa serta budaya baru. Selain itu, tinggal bersama keluarga baru di luar negeri akan memberikan kamu banyak pengalaman.

Ketika menjadi Au Pair, kamu akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti kamar pribadi, keluarga biasanya juga mau membiayai tiket pesawat, makanan, asuransi kesehatan, tiket transportasi dalam kota, atau bahkan meminjamkan mobil pribadi.

Kita juga akan mempelajari kebiasaan baru yang berasal dari host family dan memiliki banyak kenalan baru.

Tinggal di luar negeri akan membuat kita menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab. Jadinya kita bisa mengatur keuangan pribadi, beres kamar, mengatur waktu kerja dan main hari demi hari, semuanya akan membuat kita lebih mengenal diri sendiri.

Namun tidak selamanya mengikuti program Au Pair akan memberikan keuntungan bagi kita, ada juga beberapa kekurangan yang akan didapatkan, misalnya beberapa hal dibawah ini.

Kekurangan, seperti yang sudah disebutkan tadi, tinggal di tempat baru pastinya punya kebiasaan, budaya dan peraturan baru. Kita harus cepat beradaptasi dengan gaya hidup host family, alat-alat rumah tangga yang modern, bahkan mungkin peraturan lainnya.

Bukan hanya itu saja, tidak semua host family akan bersikap baik dan ramah karena ada beberapa host family malah cenderung memperlakukan kita semaunya dan tidak ramai. Bahkan ada juga beberapa Au Pair yang diharuskan kerja dari pagi ke malam.

Konsep au pair pada dasarnya tidak menyamakan kita dengan babysitter atau sejenisnya, namun,praktek yang ada di lapangan oleh host family yang kurang bertanggung jawab memperlihatkan demikian.

Lalu hal terakhir ini adalah yang sering dirasakan para perantauan, yaitu kesepian dan rindu dengan keluarga. Kita mungkin masih bisa senang selama beberapa bulan, karena berada di luar negeri dan bisa pergi kemana-mana.

Namun percayalah, ada masanya kamu akan merasa sepi dan rindu dengan kampung halaman serta keluargamu.

Oleh karena itu, sering-seringlah berkomunikasi dengan keluargamu dan semangati dirimu agar kamu bisa tetap kuat tinggal di negeri orang.

Dan apabila ingin mendaftar aupair Jerman maka bisa menghubungi Studiva, semoga bermanfaat.



Makalah atau artikelnya sudah di share, makasih ya !

Mau Makalah Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Previous
Next Post »
Copyright © 2012 Aneka Makalah - All Rights Reserved